Thursday 16 April 2015

Cerpen: PERTEMUAN SINGKAT

PERTEMUAN SINGKAT
Karya : Eka Fitriani


Pagi yang cerah untuk mengawali sekolah. Hari itu Rasya, Lani dan Yuki sangat bersemangat untuk memulai hari di sekolah karena hari itu adalah hari pertama mereka masuk kelas 12 di SMU Bakti Nusa. ‘Gila Sya, kita udah kelas tiga nih? Waahhh,, bentar lagi bakalan lulus dong yah‘ Celetuk Yuki dengan sangat antusias. ‘Yup, bener banget tuh. Bentar lagi kita bakal jadi mahasiswa ketemu sama banyak banget cowo keren, dosen yang keren dan ruangan ber-AC yang jauh lebih keren dari sekolah kita. Ya kan?’ Timpal Lani. ‘Hus, apaan sih kalian. Baru aja naik kelas tiga udah kejauhan mikirnya. Mikir lulus dulu dong.’ Jawab Rasya.
Ditengah keasikan mereka ngobrol, ada segerombolan anak cewe cewe lari ke arah mereka. ‘Wah, kita mau diserang monster cewe ganas. Pasang kuda kuda, cepetan.’ Perintah Yuki pada kedua sahabatnya. Tapi ternyata segerombolan cewe tadi malah berlalu tanpa menghiraukan Yuki. Rasya dan Lani langsung menertawakan tingkahnya. ‘Hah? Aku dicuekin? Kalian juga ngapain ketawa.’ Kata Yuki dengan sebal ‘Hahaha, lagian kamu ngapain tadi kayak gitu.’ Jawab Rasya. ‘Ya kan jaga jaga takutnya mereka mau nyerang kita. Kayak di film film gitu loh. Ngomong ngomong ngapain dong mereka lari larian ke sana?’ Jawab Yuki dengan sangat penasaran. ‘Katanya sih ada cowo baru blasteran gitu deh.’ Jawab Lani santai. ‘Hah, cowo blasteran sekolah di sini? Pasti keren banget deh. Liat yuk?’ Ajak Yuki. ‘Entar aja deh Ki, udah mau masuk loh entar telat.’ Jawab Rasya. ‘Yah, padahal sayang loh.’ Jawab Yuki lesu. Merekapun masuk ke kelas dan menghampiri Galih pacar Lani.
‘Pagi beb, tumben hari ini berangkat siang?’ Tanya Galih. ‘Iya nih, abis tadi angkotnya lama.’ Jawab Lani. ‘Tapi ga BT kan? Kan udah ada aku di sini. Hehe’ Jawab Galih sambil cengengesan ‘Tapi udah siang gini kok cewe cewe yang lain belum nongol juga yah?’ ‘Ya iyalah. Mereka sekarang tuh lagi ngejar ngejar cowo baru yang katanya blasteran itu, dan yang katanya keren itu dan yang katanya cool banget dann...’ Belum selesai Yuki bicara Galih langsung memotong ‘Biarin aja mau sekeren apa juga tuh cowo yang penting aku kan udah ada Lani yang selalu setia. Iya kan beb?’ ‘Hahahaha, gombal terusss.’ Tambah Rasya. Ditengah keasikan mereka ngobrol ternyata ada telinga lain yang memperhatikan dari samping mereka duduk. Dia itu Tara, cowo paling keren dan terkenal saat itu. Tiba tiba bel sekolah berbunyi, semua anak bergegas masuk ke kelas mereka.
‘Selamat pagi anak anak’ Sapa Pak Surya. ‘Pagi pak’ Jawab mereka serentak. ‘Yah, pagi ini Bapak akan memperkenalkan pada kalian teman baru dari Jakarta. Silahkan masuk.’ Jawab Pak Surya selanjutnya dan menyuruh orang di luar itu untuk masuk. Ternyata si cowo baru itu masuk ke kelas Tara. ‘ Hai, namaku Baron pindahan dari SMU Empat Belas Jakarta.’ ‘Wah, keren banget yah tuh cowo. Mimpi apa aku semalem bisa sekelas sama cowo sekeren itu.’ Bisik seorang cewe ‘Tara aja lewat deh’ bisik seorang lainnya, dan ternyata Tara mendengar percakapan  mereka dengan kesal.
‘Hai, aku Galih.’ ‘Hai, aku Baron. Salam kenal yah.’ Jawab Baron dengan sopan. ‘Tuh kan bener. Keren banget Sya, pasti dia bisa langsung jadi populer banget di sekolah kita ngalahin Tara. Ya kan?’ Tanya Yuki ‘Iya sih, keren tapi paling juga belagu.’ Jawab Rasya. Setelah pelajaran selesai semua siswa langsung berhambur ke kantin dan tentu saja di setiap gerombolan cewe pasti sedang ngomongin si cowo baru alias Baron. ‘Ron, aku mau kenalin temenku.’ Ajak Galih ‘Nah ini dia, kenalin dia Lani pacarku, kalau yang ini Rasya temennya Lani dan yang ini Yuki temennya Lani juga.’ ‘Oh yah, salam kenal semuanya aku Baron. Kayaknya kamu sama Lani cocok banget deh, bisa jadi The Best Couple of The Year nih. Hahaha.’ Tiba tiba ada segerombolan cewe dari kelas sebelah memaksa masuk yang juga ingin berkenalan dengan Baron. ‘Ya udah beb, kita ke kantin aja yuk.’ Ajak Galih pada Lani. ‘Boleh deh, aku juga laper. Tapi traktir yah?’ Tambah Lani. ‘Siipp,, apa sih yang ga buat kamu.’ Rasya juga mengajak Yuki ke kantin karena risih dengan sekumpulan cewe itu. Tapi sejenak mucul rasa kagum di hati Rasya kerena ternyata Baron tak sebelagu yang ia bayangkan. Baron sangat sopan dan manis. ‘Hayoo, ngelamunin apa nih?’ Tanya Yuki mengagetkan Rasya. ‘Apaan sih, itu apa tadi yah tugasnya Pak Surya yang tadi  itu loh.’ Jawab Rasya sekenanya. ‘Hahahaha, gitu aja salting, keliatan tau. Mikirin Baron yah?’ Goda Yuki. ‘Enggak lah, apaan sih kamu.’ Jawab Rasya mengelak. ‘Rasya suka Baron, Rasya suka Baron, Rasya suka...’ Belum selesai Yuki melanjutkan kata katanya Tara menghampiri mereka. ‘Eh, kalau gitu aku duluan yah Sya.’ Kata Yuki meninggalkan keduanya.
‘Sya, aku mau ngomong.’ Kata Tara mengawali percakapan mereka. ‘Ngomong apa lagi, udah ga ada lagi yang perlu dijelasin kok. Udah jelas semuanya, kamu itu udah jelas jelas selingkuh di depan aku masih juga ngelak.’ Jawab Rasya, tapi Tara menarik lengan Rasya dengan kasar. ‘Sakit tau, lepasin ga.’ Bantah Rasya. ‘Aku ga akan lepasin tangan kamu sebelum kamu dengerin penjelasan aku.’ Jawab Tara. Tiba tiba Baron datang dan melepaskan tangan Rasya dari cegatan Tara. ‘Maaf, kalau sama cewe yang sopan dong.’ Kata Baron meninggalkan Tara yang sangat kesal sambil menggandeng tangan Rasya. ‘Eh maaf soal tadi yah udah ikut campur.’ Kata Baron sambil melepaskan tangan Rasya. ‘Iya, ga apa apa kok.’ Jawab Rasya. ‘Tadi itu cowo kamu yah?’ Tanya Baron hati hati. ‘Bukan, kita udah putus.’ Jawab Rasya. ‘Oh, gitu. Kalau gitu ke kantin aja yuk.’ Ajak Baron. Rasyapun dengan senang hati menerima ajakan Baron, mereka semakin akrab dan berbicara tentang bagaimana sekolah Rasya dan kehidupan sekolah Baron yang dulu. Tak terasa waktu istirahat sudah berakhir. Mereka masuk ke kelas bersama.
‘Ciee, yang abis jalan bareng.’ Kata Yuki menggoda Rasya. ‘Apaan sih, kita tuh cuma temen kok.’ Jawab Rasya. ‘Lebih dari temen juga ga apa apa kok Sya. Hehe’ Jawab Yuki. Selama pelajaran berlangsungpun Rasya suka curi curi pandang pada Baron yang duduk di belakang. Namun ternyata Tara juga memperhatikan gerak gerik Rasya dengan perasaan dongkol. Sepulang sekolah Tara menghadang Baron di pintu gerbang sekolah ‘Hey kamu,’ Baronpun berhenti dan mencari sumber suara itu. ‘Eh kamu, kenapa?’ Tanya Baron ‘Aku cuma mau ngingetin kamu aja, jangan berani berani deketin Rasya, dia itu cewe gue.’ Jawab Tara serius. ‘Tunggu tunggu, kayaknya ada yang perlu dibenerin deh aku ulangi yah “Jangan berani berani deketin Rasya, dia itu mantan cewe gue” ya kan?’ Jawab Baron dengan sinis dan meninggalkan Tara  yang sedang sangat kesal.
Hari hari di sekolahpun berlalu begitu saja, Baron dan Rasya juga terlihat semakin dekat.Merekaseringpergibersamaentahhanyasekedarkekantin, keperpustakaanatau bahkanhanyauntukmemanggil guru. Sementara itu Tara semakin sebal dengan Baron yang telah merebut segalanya dari dia. Merebut popularitasnya, jabatannya sebagai ketua basket di sekolah dan juga merebut perhatian Rasya darinya.
Siang itu Baron mengajak Rasya ke kedai ice cream untuk sekedar membahas tugas kelompok dari guru biologi. 'Sya, entar kita ke kedai ice cream yuk?' Tanya Baron 'Ngebahas tugasbiologi yang tadi' Tambahnya 'Boleh, tapitraktir yah. Hehe' Jawab Rasya 'Gampang deh' Jawab Baron. Tentu saja sepulang sekolah mereka pergi bersama ke kedai ice cream, Rasya memesan ice cream rasa coklat sedangkan Baron ice cream rasa strawberry. 'Eh Sya, gimana kalau tugas biologi kali ini kita pakai gabus terus dibikin kaya 3D' Kata Baron semangat 'Pake gabus? Gimana caranya?' Tanya Rasya penasaran. 'Gini nih, pake gambar' Jawab Baron sambil mencoba meraih pensil di genggaman Rasya. Sejenak mata keduanya bertemu, ada rasa hangat yang menjalar di sekujur tubuh Rasya dari genggaman tangan Baron, Ia merasa sangat nyaman.
'Eh, kalian kok ngomongin tugas kelompok ga ajak ajak sih.' Kata Tara mengagetkan suasana, karena kebetulan mereka memang satu kelompok. 'Eh Tara ada di sini?' Tanya Baron kaget dan segera melepaskan tangan Rasya. 'Sya, gimana ide kamu soal tugas kita?' Tanya Tara 'Ga tau, Baron yang tau.' Jawab Rasya sekenanya. Suasana siang itu berubah menjadi dingin, Rasya yang masih tidak ingin melihat Tara menanggapinya dengan sangat dingin, sedangkan Baron hanyabersikapbiasa,Ia sendiri bingung dengan posisinya sekarang. Tapi sejak kejadian di kedai ice cream itu, Rasya dan Baron menjadi semakin dekat bahkan terkadang keduanya terlihat berangkat bersama dan bergandengan tangan.
Sore itu, sepulang sekolah Rasya dan Baron pergi ke toko buku sekedar membaca buku baru atau membeli novel yang menarik. Setelah beberapa saat setelah mendapatkan buku yang dicari mereka pulang, tapi tiba tiba hujan deras. Terpaksa mereka menunggu di emperan toko buku.
‘Dingin yah?’ Kata Rasya. ‘Pake jaketku aja nih Sya.’ Jawab Baron sambil memakaikan jaket di tubuh Rasya. Mata keduanya bertemu, hanyut dengan perasaan mereka dan situasi saat itu. Ditengah gemercik suara hujan, di depan toko buku itu, saat itu juga They kissing. ‘Maaf Sya, aku ga bisa.’ Kata Baron mengakhiri pertemuan mereka, Baron langsung berlari meninggalkan Rasya yang termenung sendiri di tengah hujan itu.
Setelah insiden di toko buku, Baron tidak masuk dua hari dan itu membuat Rasya sangat khawatir. Dia bertanya pada Galih ‘Lih, kamu tau ga Baron kenapa? Dia kok ga masuk dua hari, apa dia sakit?’ ‘Ga tau Sya, dia juga ga kasih aku kabar.’ Jawab Galih. ‘Kamu tau alamatnya ga?’ Tanya Rasya lagi ‘Tau, di jalan Anggrek No 10.’ Jawab Galih. ‘Ya udah, makasih yah Lih.’ Jawab Rasya. Sepulang sekolah tentu saja Rasya pergi ke rumah Baron karena khawatir terjadi sesuatu pada Baron. Saat tiba di rumahnya Rasya sangat kaget, hatinya hancur dan teriris melihat kejadian di depan matanya. Baron sedang bersama cewe lain, mereka terlihat sangat akrab bahkan terlalu akrab bagi Rasya. Dia pun berlalu pergi, berlari sekencang kencangnya sekuat yang Ia bisa. Ia ingin lari, lari dari kenyataan yang begitu pahit yang harus Ia terima saat ini. Air matanya tak bisa dibendung lagi, Ia menangis tersedu meratapi nasibnya sendiri.
Keesokan harinya Rasya tetap berangkat dengan mata yang masih sembab, dan pagi itu dia bertemu Baron. Melihat Rasya yang lesu Baron langsung bertanya ‘Kamu kenapa Sya? Apa kamu sakit?’ Tapi Rasya hanya diam, dia sedang tak ingin melihat Baron. Selama jam sekolahpun Ia hanya diam, Yuki dan Lani membiarkan Rasya sendiri karena mereka tau ada sesuatu yang terjadi dan mereka tak ingin mengganggu urusan pribadi Rasya. Sepulang sekolah, Baron yang khawatir melihat keadaan Rasya mencegatnya di taman belakang sekolah. ‘Sya, kamu kenapa? Ada masalah apa, cerita sama aku Sya.’ Tanya Baron khawatir sambil memegang tangan Rasya lembut. ‘Aku ga apa apa kok.’ Jawab Rasya, ‘Kamu pasti bohong aku tau itu.’ Tanya Baron lagi serius. ‘Siapa cewe yang kemarin di rumah kamu itu?’ Tanya Rasya serius sambil menatap nanar mata Baron. Sejenak Baron terdiam, dia membalas tatapan Rasya yang kosong. Baron melepaskan genggamannya ‘Dia Kira, pacarku.’ Mata Rasya langsung berkaca kaca, air matanya tak bisa ia bendung lagi, perasaannya kacau, harapannya musnah begitu saja, tapi Rasya berusaha tetap tegar ‘Sudah sejauh apa hungungan kalian?’ Tanya Rasya ‘Kita udah pacaran selama tiga tahun.’ Jawab Baron. ‘Kamu itu jahat, kenapa kamu ga cerita apapun tentang Kira. Kenapa setelah sejauh ini aku berharap sama kamu, kamu baru bilang sekarang kenapa Ron, kenapa?’ Tanya Rasya mencari jawaban Baron. Dia sangat tidak bisa percaya, semuanya serasa seperti mimpi.
Setelah semua yang ia lalui bersama Baron, setelah Baron mendapat kepercayaannya, tapi sekarang dihancurkan bergitu saja. ‘Aku bingung Sya, aku ga tau harus gimana. Awalnya aku juga cuma nganggep kamu teman, tapi aku sadar kalau kamu itu care banget sama aku. Aku takut nyakitin perasaan kamu Sya, aku juga bingung apa arti perasaan ini ke kamu.’ Jawab Baron. ‘Takut? Kamu bilang takut nyakitin perasaan aku. Terus ini apa? Kamu ga hanya nyakitin perasaan aku tapi kamu udah ngancurin semuanya. Kamu jahat Ron.’ Jawab Rasya sambil tersedu. ‘Maafin aku Sya, aku yang salah karena ga bilang dari awal. Aku yang salah udah buat kamu jadi kaya gini. Aku minta maaf Sya.’ Jawab Baron sambil memeluk Rasya untuk menenangkannya ‘Aku harap kita masih bisa berteman.’ Tambah Baron.
Setelah kejadian itu hubungan Baron dan Rasya tidak sedekat dulu. Mereka hanya berteman biasa layaknya yang lain. Rasya masih belum siap, dengan apa yang telah dialaminya dia masih butuh waktu untuk mempercayakan hatinya pada orang lain. Dia butuh waktu sendiri saat ini dan menata masa depannya nanti.


SEKIAN

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Total Pageviews

Artikel Terpopuler