Monday 6 April 2015

Contoh Program Kerja ESKUL Marching Band

Hasil gambar untuk marching band

Agan-agan sekalian terutama rekan guru dan/pelatih eskul.... Mungkin agan-agan sekalian terkadang malas atau bahkan bingung untuk membuat program kerja eskul, ane juga males sebenarnya, tapi berhubung sekolah ane mau diakreditasi jadi mau tak mau harus buat. Sebenarnya hampir semua program kerja eskul itu sama seperti program kerja Pencak silat, program kerja marching band, program kerja voli, sepak bola, pramuka dll.  Kali maka dari itu ane mencoba untuk sedikit berbagi contoh program kerja. cekidot gan....


BAB I


A.    LATAR BELAKANG
Drumband merupakan salah satu jenis seni bermusik yang sudah bermula dari tradisi purba sebagai kegiatan yang dilakukan oleh beberapa musisi yang bermain musik secara bersama-sama dan dilakukan sambil berjalan untuk mengiringi suatu perayaan ataupun Manusia tidak bisa lepas dari seni, terutama seni musik yang memanjakan telinga kita. festival. Di Indonesia, budaya drum band merupakan pengembangan lebih lanjut atas budaya drum band yang sebelumnya berada di bawah naungan organisasi PDBI (Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia) yang dibina oleh Menpora (Menteri Pemuda dan Olah Raga). Drum band lahir sebagai kegiatan yang memfokuskan penampilan pada permainan musik dan visual secara berimbang, berbeda dengan drum band yang lebih memfokuskan sebagai kegiatan olah raga.
Dalam perkembangannya, drum band di Indonesia banyak mengadaptasikan variasi teknik-teknik permainan yang digunakan oleh grup-grup drum corps di Amerika, khususnya pada instrumen perkusi. Hal ini membuat corak  permainan  dalam  penampilan drum band menjadi lebih mudah dibedakan dari corak penampilan drum band.
Drumband sudah masuk ke dalam kegiatan ekstra kurikuler dihampir setiap sekolah / madrasah. Bukan hal yang aneh dan terkesan mahal untuk memainkan alat drumband saat ini. Bahkan menjadi ketinggalan jaman jika madrasah / sekolah tidak memilikinya.
SMP PGRI 2 Ajibarang merupakan satu-satunya madrasah negeri yang ada diwilayah serang timur telah memiliki sarana tersebut untuk mengembangkan bakat/minat para siswa/siswinya. Sehingga diharapkan perkembangan mentalitas sumber daya manusia siswa/siswi khususnya pada bidang seni dapat ditingkatkan menjadi sebuah prestasi yang menggembirakan,

B. Nama tim Drumband
        Nama tim drum band SMP PGRI 2 ajibarang adalah  “ GITA NADA”.
1.             

C. VISI, MISI DAN MOTTO

1.      Visi Tim Drumband

            Menciptakan Generasi yang kreatif, disiplin dan ceria menuju prestasi nan                    gemilang

2.      Misi tim drumband

·         Tertciptanya kreatifitas para siswa – siswi dalam mengembangankan minat dan bakatnya
·         Terciptanya mentalitas tim yang disiplin, taat dan patuh pada peraturan yang ada
·         Terciptanya sikap anggota tim yang sopan, ceria dan gembira dalam penampilan
·         Terwujudnya tim drumband yang solid, unggul dan memperoleh prestasi yang gemilang.

3.      Motto

BERSATU DALAM MELODI






D.    Tujuan
    Pelaksanaan pembelajaran drumband.bertujuan untuk menambah wawasan teoritis dan ilmiah bagi siswa, pelatih dan kegiatan pengembangan seni musik pada umumnya tentang pembelajaran drumband.

E.    Pengertian

     Drumband adalah istilah dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Penampilan drumband merupakan kombinasi dari permainan musik (tiup, dan perkusi) serta aksi baris-berbaris dari pemainnya. Umumnya penampilan drum band dipimpin oleh satu atau dua orang komandan lapangan dan dilakukan baik di lapangan terbuka maupun lapangan tertutup dalam barisan yang membentuk formasi dengan pola yang senantiasa berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi atas lagu yang dimainkan, dan diiringi pula dengan aksi tari yang dilakukan oleh sejumlah pemain bendera.

Selengkapnya dowload di sini via 4shared

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Total Pageviews

Artikel Terpopuler