MATERI DOKTER KECIL
USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS)
A. Pengertian
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan bagian dari program kesehatan anak sekolah yaitu yang berusia antara 6 – 21 tahun, yang sesuai dengan proses tumbuh kembangnya dibagi menjadi 2 kelompok yaitu pra remaja (6 – 9 tahun) dan remaja (10 – 19 tahun).
Program UKS adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajad kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah yang berada dalam Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.
B. Tujuan
Tujuan Umum
Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat , dan derajad kesehatan sisiwa serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.
Tujuan Khusus
· Memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajad kesehatan siswa, yang mencakup.
· Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan disekolah ,rumah, maupun lingkungan masyarakat.
· Sehat fisisk, mental, maupun sosial
· Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan NAPZA.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup UKS tercermin dalam Tri Program UKS (TRIAS UKS)
1. Pendidikan Kesehatan, dilaksanakan melalui:
a. Kegiatan Kurikuler
Dilaksanakan pada jam pelajaran
b. Kegiatan Ekstra-Kurikuler
Ø Dilaksanakan diluar jam pelajaran (termasuk waktu libur) yang dilaksanakan disekolah dan diluar sekolah denga tujuan antara lain memperluas pengetahuan dan ketrampilan peserta didik, serta melengkapi upaya pembinaan manusia Indonesia seutuhnya.
Kegiatan Ekstrakurikuler anatara lain berupa:
Ø Kegiatan oleh peserta didik atau guru UKS meliputi: kerja bakti, lomba yang berhubungan dengan kesehatan, dokter kecil, piket sekolah, PMR
Ø Bimbingan hidup bersih dan sehat
Ø Kegiatan penyuluhan kesehatan, latihan ketrampilan, partisipasi dan pelayanan kesehatan.
2. Pelayanan Kesehatan
Ø Meliputi Kegiatan komprehensif yaitu:
Upaya peningkatan kesehatan (promotif) berupa penyuluhan kesehatan dan latihan ketrampilan memberikan pelayanan kesehatan.
Ø Kegiatan pencegahan (preventif) berupa kegiatan peningkatan daya tahan tubuh, kegiatan pemutusan rantai penularan penyakit dan kegiatan penghentian proses penyakt pada tahap dini sebelum timbul kelainan.
Ø Kegiatan penyembuhan dan pemulihan (kuratif dan rehabilitataif) berupa kegiatan pencegahan komplikasi dan kecacatan akibat proses penyakit atau
3. Pembinaan Lingkungan Kehidupan Lingkungan Sehat
Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat dilaksanakan dalam rangka menjadikan sekolah sebagai institusi pendidkan yang dapat menjamin proses berlangsungnya proses belajar mengajar yang mampu menumbuhkan kesadaran, kesanggupan dan ketrampilan peserta dididk untuk menjalankan prinsip hidup sehat.
Kegiatan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat mencakup:
· Kegiatan bina lingkungan fisik
· Kegiatan bina lingkungan mental sosial, sehinggatercipta suasana dan hubungan kekeluargaan yang akrab dan erat antara sesama warga sekolah.
MATERI DOKTER KECIL:
1. KESEHATAN LINGKUNGAN
2. KEBERSIHAN DAN KESEHATAN PERORANGAN
3. GIZI
4. KESEHATAN GIGI DAN MULUT
5. PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN
6. PENCEGAHAN PENYAKIT MENULAR
7. IMUNISASI PADA SISWA SD DAN MI
8. KESEHATAN MATA
9. NAPZA
POKOK BAHASAN 1 : KESEHATAN LINGKUNGAN
Kesehatan tidak dapat terlepas dari keadaan lingkungan. Kegiatan belajar mengajar akan terganggu bila berada dalam lingkungan yang tidak sehat. Sebaliknya dilingkungan yang bersih, dan nyaman akan menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Ruang lingkup kesehatan lingkungan meliputi :
1. Lingkungan Sekolah/Madrasah yang sehat
2. Lingkungan sehat dan pembinaannya
3. Air bersih
4. Pembuangan kotoran manusia
5. Pembuangan air limbah
6. Pembuangan sampah
7. Pencemaran lingkungan
1. Lingkungan sekolah/madrasah yang sehat
Dibedakan menjadi 2 bagian
a. Lingkungan Fisik
· Lokasi : Diupayakan jauh atau bebas dari kebisingan, polusi, dan memiliki halaman untuk bermain/ olahraga.
· Bangunan : Kokoh, memiliki pencahayaan yang cukup, memberi suasana yang aman dan nyaman bagi penghuni.
· Tata ruang tertata rapi
· Pagar yang merupakan pengamanan sekolah dapat menggunakan tanaman perdu yang mudah pemeliharaannya.
· Halaman kering dan tidak berdebu, memiliki pohon peneduh dan tanaman bunga sebagai penyejuk pandangan serta kebun sekolah.
· Lain-lain : tempat cuci tangan dan penyediaan air minum, tersedia tempat ibadah, adanya kotak P3K, sudut UKS dan papan informasi kegiatan sekolah, alat pemadam kebakaran, papan nama sekolah yang mudah dilihat dengan alamat yang jelas, tempat sampah di tiap ruang dan bak penampungan sampah yang tertutup.
b. Lingkungan non fisik
Penghuni sekolah : kepala sekolah, guru sekolah, peserta didik, penjaga sekolah, penjual makanan mempunyai peranan yang sangat penting pada kelangsungan proses belajar mengajar.
2. Lingkungan sehat dan pembinaannya
Lingkungan sehat adalah suatu kondisi lingkungan yang dapat mendukung tumbuh kembangnya perilaku hidup sehat dan dapat mempengaruhi kesehatan jasmani maupun rohani serta terhindar dari pengaruh negatif yang dapat merusak kesehatan. Pembinaan lingkungan sekolah yang sehat dapat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler terutama melalui pelajaran penjaskes atau pendidikan kesehatan yang diintegrasikan kemata pelajaran itu. Kepala sekolah selaku tim pembina UKS disekolah bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Dalam pelaksanannya, kepala sekolah dibantu oleh guru, pegawai siswa, BP3, POMG. Guru mempunyai peranan penting dalam pembinaan lingkungan sehat, antara lain dengan cara memberikan pengetahuan praktis, bimbingan, dorongan, contoh dan teladan serta melakukan pengamatan dan pengawasan terhadap siswa dalam penerapan dan pelaksanaan lingkungan sehat. Segala siswa diharapkan berperan serta, misalnya :
– Melaksanakan, menjaga dan mengawasi kebersihan ruang kelas dan halaman masing-masing
– Piket kelas, bertugas menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan kelas masing-masing.
– Menjaga atau memelihara kebersihan, ketertiban, dan keindahan dilingkungan rumah masing-masing.
BP3/ POMG sebagai wadah organisasi orangtua peserta didik diharapkan berperan secara aktif terutama dalam penyediaan dana dan fasilitas yang menunjang, serta mengajak anggotanya secara bersama-sama melaksanakan lingkungan sekolah sehat dirumah masing-masing sekaligus menjadi contoh teladan dikeluarga.
3. Air bersih
Untuk memenuhi kebutuhan air yang memenuhi kesehatan, air harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
selengkapnya download via 4shared yeeee
klik disini untuk download
Telah hadir Agen Poker Aman dan Terpercaya
ReplyDeleteAgen Domino99 | BandarQ | Bandar Poker | Poker Online Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia.
Klik Yuk Untuk Daftar : http://wayangpokerblog.blogspot.co.id/
? Bonus Turnover 0,5% ( Setiap Hari )?
? Bonus Refferal 20% ( Seumur Hidup )?
? Cukup hanya dengan 1 User ID dapat bermain 4 Game ?
HANYA DENGAN 20.000 BERMAIN SEPUASNYA ^^
Proses transaski yang SUPER CEPAT dengan dilayani cs kami yang ramah siap membantu anda selama 24 jam nonstops.
Permainan 100% fair play ( Player vs Player ) No Bot & Admin !!!
Untuk info lebih lanjut hubungi Customer Service kami :
BB : 2BE326CC
skype : wayangpoker
telp : +85512804273
Facebook : Wayangpoker