Thursday 20 April 2017

Cerpen : BERMUSIK

BERMUSIK

(Disusun oleh : Surya Anding Permadi)
Aku adalah lelaki yang snagat mencintai music.Aku mencintai music sejak aku kecil.Kurang lebih mulai dari kela 3 SD aku mulai ada cita-cita menjadi musisi dan kedua orang tuaku pun mendukung.Aku sangat beruntung karena aku lahir dari orang tua yang memiliki studio rental music.Namun bakat musikku waktu duduk disekolah dsar belum terlihat jelas.Aku memiliki band favorit dariIndonesia yaitu Jamrud.Aku sangat menyukainya.
Waktu aku duduk dikelas 1 SMP, aku ikut les musik di Yamaha Music Studio. Disana aku ikut les memainkan drum. Aku berangkat 1kali dalam satu minggu.Pada suatu ketika aku diberi tahu bahwa sebentar lagi tempat les musikku itu merayakan hari ulang tahun dan setiap muridnya harus tampil sendiri-sendiri dan berkolaborasi dan juga setiap murid membawakan 3 lagu yang sudah diajarkan ketika les.Latihan demi latihan aku lakukan agar dapat tampil dengan baik.Dalam ulang tahun tempat les itu juga adalah penampilan aku di depan umum. Walaupun aku sudah bisa unutk membawakan 3 lagu pilihanku itu tapi aku tetap terus berlatih setiap hari karena aku takut sampai aku salah dan membikin malu tempat les ku itu.
Hari H-nya pun sudah muali dekat. Rasa berdebar-debar dihatiku semakin terasa namun aku tetap berusaha agar aku tidak takut, grogi dan nerfes ketika tampil. Setalah aku latihan sendirian, aku masih merasa takut oleh penonton yang banyak. Jadi ketika aku latihan aku mengajak saudara-saudaraku melihat aku agar aku terbiasa tampil di depan orang banyak atau di muka umum.Waktu latihan pertama didepan saudara-saudaraku, aku sangat grogi dan malu, hal itu menyebabkan aku untuk sulit berlatih.Tapi berkat nekad dan kemauanku lama-lama aku terbiasa dan sudah dapat menghilangkan rasa grogi dan malu itu. Aku hilangkan rasa grogi dan Maluku dengan cara tersenyum, kupejamkan mata dan menggeleng-gelengkan kepala. Metode latihan itu aku lakukan kurang lebih 1 minggu dirumahku sendiri.
Setalah aku lancar aku menghubungi groupku untuk berlatih yang berisi dari pemain gitar, bass, piano, biola, dan vocal.Sulitnya minta ampun ketika aku berlatih dengan teman-temanku itu.Mungkin karena belum terbiasa dan masih pada malu.Sudah 2kali latihanpun masih belum jadi. Pada saat itu aku udah benar-benar takut kalau ini sampai tidak kompak bisa malu banget aku sama Yamaha Music Studio dan sama penonton. Hari-demi hari aku dan temanku berlatih dengan serius dan akhirnya setelah 5hari latihan dengan giat akhirnya kompak.Dan aku kembali semangat lagi untuk cepat tampil di ulang tahun Yamaha Music Studio itu.
Semakin tambah dekat hari H-nya kurang 1 minggu lagi.Aku sangat sarius untuk berlatih ketika waktunya sudah meped itu.Teman-temanku juga giat sekali saat berlatih.Tidak aku duga aku dan teman-teman bisa kompak skali dalam latihan kami.Tidak terasa waktu 1 minggu itu sudah habis.
Pada pagi harinya sebelum aku berangkat ke tempat lesku aku sangat bingung mau pakai pakaian apa. Tapi kata bapak sama mamahku aku disuruh pakai kemeja hitam dan clana jeans panjang. Aku pun nurut sama mereka, karena pilihan orang tua adalah yang terbaik buat anaknya. Setelah mempersiapkan baju, aku pun langsung mandi sekitar 15menit.Setelah selesai mandi aku langsung berpakaian dengan pakaian yang sudah disiapkan tadi.Selagi aku berpakaian mamahku sedang mempersiapkan aku makanan buat pagi itu.Kemudian setelah aku berpakaian, aku langsung menyantap makanan yang sudah siapkan oleh mamahku tercinta. Sehabis makan aku panik karena buku les drum ku hilang entah dimana. Aku panic dan bingung aku mencarinya. Setelah mencari lama sekitar kurang lebih 15menit aku ingat bahwa terakhir aku berangkat les aku tinggalkan tas lesku di tempat nenek. Aku langsung jalan ke tempat nenek setelah aku ingat bahwa tas dan bukuku disana. Aku ambil tasku dan bukuku dan aku berpamitan sama nenek dan minta do’anya agar aku sukses.
Waktu menunjukan pukul 11.00 WIB, aku berangkat ke tempat lesku yang ada di Purwokerto itu menggunakan mobil orang tuaku dengan bapak yang mengendarai.Santai sekali bapak aku meyetir karena acara dimulai pukul 12.30WIB. Walaupun bapakku santai sekali, tapi itu tidak buat aku, yang aku rasakan saat itu adalah takut dan berdebar-debar hatiku. Diperjalanan aku membaca buku les drumku terutama lagu yang mau dibawakan nanti ditempat lesku.Aku hafalin agar aku disana tidak lupa lagi. Tip mobilku berbunyi kerans sehingga menggangguku menghafalkan not-notnya. Tapi aku tidak mematikan tipnya karena lagunya sangat bagus-bagus.Tak teras aku sudah sampai di tikungan terakhir menuju tempat lesku.Setelah sampai disana bapakku langsug memarkirkan mobilku disebelah tempat lesku kebetulan ada tempat parkirnya.Setelah diparir aku, bapak dan mamahku langsung turun. Ketika turun aku sangat gemeteran apa lagi kaki yang selalu bergetar. Hatiku juga berdebar-debar. Aku buka pintu masuk lesku, aku masuk dan mengisi absen di bagian bawah lesku.Untuk menghilangkan semua rasa yang membuat aku takut aku membeli minuman dingin di café tempat lesku. Sambil menunggu teman-teman yang lain dating aku minum du café. Sekitar 10 sampai 15 menit aku menunggu di café, tiba-tiba aku melihat teman-temanku dating dan aku bersama teman-teman langsung naik tangga dan menuju aula yang diatas.Di aula itulah aku tampil.
Ku lihat jam yang menempel didinding ternyata sudah menunjukan pukul 12.30WIB. Saatnya acara dimulai.Acara dimulai dengan penampilan kolaborasi guru-guru les, yang dilanjutkan oleh sambutan dari ketua atau pimpinan Yamaha Musik studio, dan yang ditutup dengan hiburan atau penampilan murid-murid Yamaha Musik Studio.Wktu ketua atau pimpinan Yamaha Musik studio itu memberi sambutan aku sangat gemeteran Karen setelah itu aku tampil pertama.30menit lamanya pimpinan itu memberi sambutan dan sekarang saatnya acara hiburan.Aku dan teman-temanku maju ke panggung dan berdoa bersama agar sukses.Setelah berdoa kami langsung menuju tempat masing-masing dan aku menjadi yang paling belakang.Lah saatnya aku tampil.Ketika lagu pertama aku masih malu, tapi ketika lagu kedua dan ketiga aku sudah tidak malu lagi dan malahan ketagihan.Lagu demi lagu aku persembahkan dan banyak sekali yang menonton baru saja aku dan teman-teman mau memulainya sudah dapat tepuk tangan dari banyaknya penonton, aku terasa seperti ada dipanggung sesungguhnya.Setelah selesai tampil aku kembali duduk dan melihat murid-murid yang lainnya.Sekitar puku 15.00 acara itu selesai.Aku langsung pulang kerumah bersama kedua orang tuaku.
Tidak aku sangka penampilanku waktu itu adalah terakhir kalinya aku masuk disitu karena aku keluar dari situ dan membuat band dirumah.Kalau band yang dirumah mungkin kurang mewah penampilannya tapi lagu yang bandku bawakan jauh lebih menantang.Di SMP pun aku pernah disaranin untuk menjadi drummer untuk lomba di SMP lain, tapi aku menolaknya karena aku mau fokus untuk bandku yang dirumah yang juga mau mengikuti festival dilapangan.Namun bandku itu tidak berjalan lama, karena personilnya sudah pada pindah.
Dari saat aku bubar dengan bandku dulu perlahan aku mencari personil dulu tai sungguh sulitnya. Di SMP jarang ada anak yang se-genre sama aku jadi aku kesulitan untuk mencari personil. Seperti music yang aku suka yaitu rock, itu juga genre yang aku sukai.Sedangkan teman-temanku kebanyakan nge-REP. Dengan bersabar aku mencoba mencari ketika di kelas VIII namun tidak juga aku temukan. Kembali aku berpetualang di kelas XI, aku temukan personil tapi karena kelas XI sudah muali les pelajaran sehingga tidak ada aktu buat latihan membuat band itu tak berjalan. Ketika perpisahan aku sangat ingin tampil di panggung tapi aku tidak punya group band disekolah.
Lah setelah aku lulus SMP aku meneruskan SMA ke SMA favoritku, tidak aku duga aku di SMA menemukan teman untuk membuat band yang diberi nama “THE BA’I’UN”. Latihannya jarang namun setiap rental langsung kompak.Dalam THE BA’I’UN ada aku sebagai drummer, Willy sebagai bassis dan vokalis, Trio sebagai gitaris, dan novika sebagai gitaris.Bandku ini sangatlah bagus.Aku sangat menyukai bandku ini.Ketika latihan pertama memang agak amburadul, tapi setelah 2 sampai 3kali latihan, langsung kompak.
Karena setiap kelas harus mewakili untuk menampilkan bandnya ketika ulang tahun SMA aku mendaftarkan band ku itu.Sekitar 3 sampai 4 bulan latihan, bandku itu sudah semakin menjadi dan aku pun semakin mudah memainkan stik drumku.Latihan demi latiha dilakukan dengan giat kadang dirumahku kadang di tempat rental yang lain. Beberapa lagu sudah hamper jadi namun aku dan teman-teman bermusyawarah tentang lagu apa yang mau dibawakan ketika tampil di ulang tahun SMA ku. Akhirnya muncul satu lagu yang akan ditampilkan yaitu lagu berjudul “I love you Bibeh”. Setelah terpilih lagu itu aku dan teman-teman ketika latihan memfokuskan kepada lagu itu.Sekitar 1 bulan sebelum ulang tahun ulang tahun SMA ku, kami mulai berlatih.
Tanggal 22 februari 2013 merupakan hari tampilnya.Bandku tampil nomor urut 11.Ketika aku menunggu giliran bandku tampil, aku duduk-duduk didepan kelas dan gelisah.Waktu itu aku membawa stik sendiri karena aku merasa nyaman dengan stik drumku itu. Lama sekali menunggunya sampai aku makan dulu cerita-cerita dulu dan hal lain yang aku kerjain seperti memutar stik ditangan, bermain gitar. Aku ingin banget segera tampil di panggung yang lumayan bagus itu, namun lama sekali.Sesekali aku menengok ke panggung dan bertanya ke teman aku.
“Bro, sudah samapi urutan berapa ini “ Tanya aku
“Baru sampai urutan 3 ini, soalnya tadi ada penampilan dari group tambahan dulu” jawab teman aku.
“oh ya makasih ya, kalu sudah mendekati kamu sms aku ya ?” suruh aku pada teman aku itu.
“iya santai saja ini aja aku mau tampil diurutan 5” jawabnya
“oh ya sudah sana sukses ya buat band kamu” jawabku sambil berlari menuju kelas lagi.
Kesabaranku sungguh sangat diuji kali ini. Menunggu dari jam 08.00WIB sampai jam 11.00WIB. Ketika sudah sampai nomor urut 10 selesai, aku sudah siap menuju panggung, namun bukan band aku yang dipanggil tapi adalah pengumuman istirahat shalat Jum’at terlebih dahulu.Haduh… sungguh sangat teruju kesabaranku.
Ketika istirahat shalat Jum’at aku dengan beberapa temanku pulang ke kost salah satu temanku untuk melakukan shalat Jum’at di dekat tempat kost temanku.Di kost temanku aku disuguhi satu mangkok bakso yang dibuat oleh ibu kostnya.Sambil aku menunggu adza aku memakan bakso yang diberi ibu kost itu dan sambil mendengarkan music dari handphoneku.Setelah makan bakso tidak lama kemudian adanpun berkumandang, aku langsung wudhlu dan menuju masjid untuk melakukan shalat Jum’at.Setelah shalat Jum’at aku langsung kemabli ke SMA dengan buru-buru.Sesampai di SMA acara belum dimulai karena petugas atau crew hari ulang tahun SMA ku itu masih beristirahat sekitar 15menit menunggu akhirnya acarapun dimulai. Bandku langsung di panggil untuk menampilkan penampilannya.Aku sebagai ketua band maju terdepan dan diikuti 3 temanku.Sesampai di panggung kami langsung menata tempat, kamipun sempat berbincang-bincang dengan hostnya.
“Nama bandnya apa yah dari kelas anda ?” Tanya host itu
“Belum ada (namun dalam hati menjawab the ba’I’un band)” jawab vokalis bandku.
“Mau menampilkan lagu apa dan siapa band aslinya ?” Tanya host itu lagi.
“Kami akan membawakan lagu I love you bibeh dari the changcuters” jawab vokalis bandku.
Tanpa berlama-lame untuk bercakap-cakapnya host itu langsung mempersilahkan kami untuk memulainya. Aku sangat percaya diri waktu itu karena didepan panggung tepatnya di bawah pohon ada wanita idamanku menonton.Aku terus berusaha menjadi yang terbaik. Aku pukul drum itu dengan teknik yang sudah pernah diajarin di Yamaha Musik Studio dulu. Seperti biasa ketika aku main drum aku menggeleng-gelengkan kepala untuk menghilangkan grogi dan penghayatan.Sungguh asik rasanya aku tampil didepan teman-teman dan guru-guru SMA.Penonton bertepuk tangan pada saat lagu itu pertama dimulai. Aku sangat menikmati syair-syairnya sambil memukul drum, tapi aku saat asik ketika memukul kobel yang berbunyi “tuk..tuk”. Happy banget aku saat itu.Sayangnya cuma satu lagu saja yang harus ditampilkan.Setelah selesai aku dipanggil oleh salah satu pengurus kegiatan itu untuk tanda tangan setiap habis tampil. Namun sebelum tanda tangan aku disuruh host untuk berfoto fulu bersama teman-teman bandku di tengah panggung.Setelah itu aku pimpin untuk menuruni panggung itu Ketika berjalan ketempat duduk aku melihati panggung itu saja, karena aku masih ingin tampil disana, smapai aku terpancal batu.
Sesampai dikelas aku langsung mengambil tas dan mengambil gitar untuk dibawa kedepan panggung. Sambil menonton band selanjutnya aku bermain gitar dan bernyanyi-nyanyi di bawah pohon. Aku tunggu hingga acara itu selesai karena aku kira akan ada nominasi terbaik tapi ternyata tidak ada. Setelah acara itu selesai aku pulang dan sesampai dirumah aku langsung menuju ke rental untuk berlatih lagu yang lain. Mungkin itu karena hobby aku sehingga aku sangat menikmatinya. Satu jam aku rental sendirian hanya pakai handphone yang dicolokan kabel headshet. Beberapa lagu aku praktekan saat aku ada diruang rental.Tak terasa aku sudah banyak mempraktekan lagu, tapi sayangnya hanya sendirian tidak ada teman-temanku.
Keesokan harinya pas upacara diumumin untuk nominasi band terbaik aku sangat senang tapi ternyata bandku tidak dipanggil karena ada 4 juri hanya satu juri yang menilai aku dan bandku juara 2.Namun dengan hasil itu aku sudah sangat puas karena kekompakan yang sangat bagus antara aku dengan bandku.
Selain aku bermain drum aku juga sering bermain gitar dikamar untuk melepas rasa bosen aku yang sering aku rasain. Dan karena aku bisa bermain gitar aku juga sudah dapat menciptakan beberapa lagu, namun belum aku kasih tahu teman-temanku karena aku takut sudah rekaman lalu kami terpisah. Setiap hari aku selalu bermain music entah itu drum maupun gitar.
Aku sangat berharap band SMA ku ini bisa bertahan sampai tingkat nasional bahkan internasional. Aku akan berusaha membuat lagu yang pas buat genre bandku dan berusaha rekaman agar dapat terkenal dan cita-citaku terkabul untuk menjadi musisi. Sampai sekarangpun band SMA ku masih terus berlatih. Kali ini berlatih untuk mempersiapkan buat perpisahan kakak kelas aku kelas XII yang sebentar lagi mau berpisah dengan aku dan teman yang lainnya.
Aku sangat sekali ingin tampil di acara music yang sering aku tonton di TV. Sering aku bertanya kepada bapakku tentang bagaimana cara rekaman dan dimana ada studio rekaman di daerahku. Namun bapakku hanya diam dan mangguk-mangguk.Setiap bulan sekarang latihannya Cuma 2 sampai 4 kali saja karena sibuk dengan ekstra kami masing-masing.
Akupun sekarang masih menjadi drummer di THE BA’I’UN band.Aku memiliki kata-kata buat music.Musik aku cinta kamu.Aku sangat ingin terkenal dengan memainkan music.Music hidupku.


                               ------TAMAT------

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Total Pageviews

Artikel Terpopuler