Monday 8 January 2018

MENGAPA BANYAK GURU INDONESIA MENGIDAP PENYAKIT DIABETES?


                Banyak yang bilang bahwa Diabetes adalah penyakit turunan atau genetic yang diturunkan dari orang tuannya, hal itu memang tidak sepenuhnya salah tetapi tidak sepenuhnya benar saja, karena faktanya ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu Diabetes. Nah sayangnya kebiasaan itu sering dilakukan bahkan menjadi rutinitas sehari-hari kebanyakan guru di Indonesia. Kebiasaan tersebutt antara lain:
1.       Minum Teh Manis
                Penjelasannya sederhana. Tingginya asupan gula menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Belum risiko kelebihan kalori. Segelas teh manis kira-kira mengandung 250-300 kalori (tergantung kepekatan). Sayangnya minuman yang biasa disajkan oleh pesuruh di Sekolah adalah Teh manis
2.       Makan Gorengan
                Rasanya yang enak, harganya yang murah serta cepat saji membuat camilan ini paling sering disajikan di kantor guru, ditambah lagi bentuknya yang kecil dan menarik sehingga kita akan merasa tidak cukup untuk hanya memakan satu potong saja.
3.       Malas Bergerak
                Sebenarnya bbnyak guru yang sangat suka melakukan aktifitas fisik, akan tetapi banyaknya tugas dan tuntutan pekerjaan membuat guru susah mencari waktu untuk melakukan aktifitas fisik secara rutin, apalagi jika dasarnya si guru tersebut memang pemalas.
4.       Stres
                Stres dapat dialami semua orang, tak terkecuali guru. Biasanya guru yang sudah senior (tidak muda) yang dituntut untuk mengikuti perkembanan teknologi pendidikan yang tidak sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang beliau miliki akan mengalami stres. Selain itu tuntutan administrasi dari kurikulum yang selalu berganti seiring dengan pergantian presiden membuat guru sangat rentan stres. Belum lagi melihat sebagian murid jaman now dan wali murid jaman now yang membuat guru tambah stres, hal ini dapat memicu diabetes pada guru
5.       Merokok
                “DILARANG MEROKOK DI LINGKUNGAN SEKOLAH” tentu anda sering melihat tulisan ini di lingkungan sekolah, akan tetapi kenyataannya banyak guru yang sudah kecanduan berat rokok dan sering mencuri kesempatan untuk merokok karena sudah tidak tahan untuk menghisapnya. Padahal merokok adalah salah satu pemicu diabetes, hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian Sebuah di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen.
6.       Takut Hitam
                Guru jaman now biasanya tidak ingin ketinggalan gaul seperti murid-muridnya. Sebagian guru jaman sekarang sangat mementingkan penampilan, hal ini menyebabkan beberapa guru takut sinar matahari karena takut jadi hitam, padahal menurut jurnal Diabetes Care, wanita dengan asupan tinggi vitamin D dan kalsium berisiko paling rendah terkena diabetes tipe 2. Selain dari makanan, sumber vitamin D terbaik ada di sinar matahari. Dua puluh menit paparan sinar matahari pagi sudah mencukupi kebutuhan vitamin D selama tiga hari. Beberapa penelitian terbaru, di antaranya yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, menyebutkan bahwa vitamin D juga membantu keteraturan metabolisme tubuh, termasuk gula darah.

Sumber inspirasi : http://doktersehat.com


No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Total Pageviews

Artikel Terpopuler