Tuesday 27 March 2018

Terkenal Karena Satu Lagu Kemudian Musisi Ini Hilang. Inilah TOP 5 One-Hit Wonder Musisi Indonesia


One-Hit Wonder adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan lagu yang sangat populer dari seorang musisi atau grup musik, tetapi hanya satu lagu tersebut yang membuat musisi tersebut terkenal, setelah itu tidak ada karyanya yang dikenal publik hingga akhirnya hilang ditelan jaman. siapakah saja mereka?





1. Base Jam - Bukaan Pujangga

Familier dengan lagu bukan pujangga? Kalau ia berarti kita seumuran. Lagu bukan pujanggga merupakan lagu hits dari band bernama base jam pada tahun 90an. Bukan Pujangga begitu digemari karena liriknya yang puitis dan sangat dalam, namun diramu dalam komposisi musik yang easy listening. Tak hanya secara musikalitas semata, video klip lagu yang digarap secara khusus oleh Rizal Mantovani, membuat lagu ini menjadi lagu favorit kawula muda saat itu. Dan berhasil mengantongi penghargaan bergengsi MTV Movie Award di tahun 1999. Lagu ini tak hanya menjadi lagu utama dari album yang rilis pada tahun 1998 ini saja. Namun juga mengantarkan Base Jam ke puncak popularitas tertinggi sepanjang karir bermusik grub musik tersebut. Sayangnya, hal ini sekaligus menjadi titik balik Base Jam, mengingat setelah sukses besar ini, karir mereka berangsur angsur kian meredup, hingga sampai di titik stagnan. Tak hanya dalam produktivitas karya bermusik, namun juga aksi panggung mereka yang kian jarang terlihat di muka publik. Yang paling ironis, band ini seakan mati suri, saat Adnil dan Anya kemudian hengkang dari band yang membesarkan namanya tersebut.



2. Air - Bintang

Masih ingat dengan lirik lagu berbunyi "Bintang di langit kerlip engkau di sana memberi cahayanya di setiap insan"? Bagi kalian yang sempat merasakan tumbuh di tahun 90-an pasti tak asing dengan lirik lagu dari AIR. AIR sendiri merupakan grup musik yang terdiri dari Bengbeng dan Sinta. Bengbeng yang memiliki nama asli Bambang Sutedjo adalah seorang gitaris dari band asal Bandung yaitu PAS Band.  Sebagai band yang mampu mendapat perhatian di tahun 90-an, Bengbeng dan Sinta juga memiliki single andalan. Salah satu lagu yang paling diingat oleh remaja tahun 90-an adalah sebuah tembang berjudul 'Bintang'.

Lagu tersebut membawa nama AIR yang kala itu masih merupakan pendatang baru di dunia musik mendapatka tempat di hati penggemar. Namun sayangnya setelah single mereka yang berjudul 'Bintang' tenggelam, duo ini pun ikut tenggelam.



3. Kuburan - Lupa-lupa Ingat

Pada tahun 2009 disaat sedang ramai-ramainya band beraliran pop melayu seperti kangen band, hijau daun, st12 dan lain-lain, muncullah band yang cukup nyleneh yaitu kuburan band dengan singlenya yang berjudul lupa-lupa ingat. Dengan namanya yang seram kuburan band mengngatkan kita pada band-band gothic atau metal. Kalu dilihat penampilannya band ini memang metal, tapi kalau kita dengar liriknya itu cukup menjelaskan semuanya. Tapi setelah lagu ini menempati trek teratas musik indonesia tidak ada lagi lagu dari kuburan band yang benar benar terkenal hingga akhirnya band ini resmi bubar pada 11 september 2011.


4. Sind3ntosca - Kepompong

Ada yang pernah mendengarkan lagu2 seperti "sebatas teman" ataupun "ryu". Kalau belum pernah berarti sama kayak om, tapi itu adalah beberapa lagu dari Sind3ntosca, yaitu band yang berasal dari Bandung, tunggu tunggu band???? Siapa saja personilnya ??? jawabanya adalah .... 1 yaitu jalu si vokalis. Sind3ntosca adalah band peraih rating nomer 1 untuk lagunya yang berjudul "kepompong" yang paling banyak direquest oleh pendengar di Radio Prambors-Jakarta dan telah dibuatkan album kompilasi Nubuzz. Lagu ini menjadi lagu yang paling sering diputar pada thun 2008, Bahkan lagu ini dijadikan soundtrack salah satu sinetron dengan judul sama seperti lagunya yaitu kepompong. Tapi setelah lagu kepompong booming tidak ada lagu dari sindentosca yang booming lagi, maksud saya tidak ada sama sekali.


5. Rumor - Butiran Debu

Lagu bertemakan cinta, terutama yang menggambarkan suasana patah hati, umumnya lebih cepat menarik emosi pendengarnya. Itulah yang terjadi saat lagu “Butiran Debu” dimainkan oleh Rumor. Pada masanya, lagu ini selalu diputar dan dinyanyikan oleh semua orang. Meski masih terdengar sampai sekarang, pamor Rumor justru meredup. Dan seperti namanya, rumor sekarang menjadi rumor (jangkrik)

Itulah 5 One-hit Wonder paling populer di Indonesia, meskipun sekerang mereka tidak terkenal lagi tapi lagu mereka akan selalu teringat sepanjang masa. Simak video berikut untuk info lengkap :


No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Total Pageviews

Artikel Terpopuler